Ekonomi Syariah


Saat ini aku akan menjelaskan kenapa aku memilih jurusan ini, sebelum itu aku akan menjelaskan pengertian apa itu Ekonomi Syariah
, Ekonomi syariah merupakan ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari masalah-masalah ekonomi rakyat yang dilhami oleh nilai-nilai islam . Ekonomi syariah atau sistem ekonomi koperasi berbeda dari kapitalisme, sosialisme, maupun negara kesejahteraan (Welfare State). Berbeda dari kapitalisme karena Islam menentang eksploitasi oleh pemilik modal terhadap buruh yang miskin, dan melarang penumpukan kekayaan. Selain itu, ekonomi dalam kaca mata Islam merupakan tuntutan kehidupan sekaligus anjuran yang memiliki dimensi ibadah yang teraplikasi dalam etika dan moral. Kenapa aku memilih Ekonomi Syariah selain alasanya menggunakan nilai-nilai islam, menurutku bank yang menggunakan hukum Islam lebih baik dari pada bank-bank yang lain, terlihat lebih adil untuk para nasabah.

Keunggulan dari Ekonomi Syariah adalah hukum yang diambil seimbang antara dua hukum yang telah ada (kapitalis dan komunis), menciptakan keseimbangan antara kepentingan Individu dan kepentingan umum, dalam hukum Ekonomi Syariah kita juga diajarkan untuk zakat dan dimana segala sesuatu yang berhubungan dengan Riba dilarang, kita juga diajarkan tentang kekayaan yang seharusnya tidak ditimbung atau disimpan oleh diri kita sendiri, tetapi kekayaan itu harus bisa berputar.

Perkembangan Ekonomi Syariah di Indonesia bahkan di Dunia mengalami kemajuan yang sangat maju, itu membuktikkan bahwa prinsip ekonomi islam lebih baik dari pada prinsip kapitalis dan komunis, saat ini perkembangan ekonomi syariah bukan hanya sekedar bank-bank syariah atau lembaga-lembaga keuangan lainnya tapi juga pada lembang-lembaga non bank. Hal itu juga terlihat banyaknya Universitas-universitas di Indonesia membuka jurusan Ekonomi Syariah atau Perbankan Syariah, itu juga menandakan bahwa masyarakat islam Indonesia sangat merindukan hukum islam, khususnya orang yang berkaitan dengan dunia ekonomi, semua itu dimulai dari munculnya Bank Muamalat dan diikuti oleh bank-bank lainnya yang ikut-ikut menggunakan prinsip syariah. Sedangkan di dunia kenapa bisa Ekonomi Syariah bisa menjadi populer karena pada saat terjadi krisis ekonomi yang terjadi dibeberapa negara seperti Amerika dan beberapa negara Eropa lainnaya, mereka menolak sistem kapitalis dan liberal yang sangat merugikan mereka, munculnya sistem syariah sangat membantu mereka, jadi kenapa sistem Ekonomi Syariah menjadi populer. 

Mohon maaf bila tulisan diatas masih banyak kekurangan atau salah karena saat ini masih dalam proses belajar.

Komentar

Postingan Populer